Rangkuman serta tambahan pribadi
Berikut adalah fakta pentingnya komunikasi dalam Organisasi.
Di dalam Organisasi pasti terdiri lebih dari 1 orang yang menjalankan
organisasi tersebut. Organisasi tidak akan jalan jika di antara orang –
orang tidak bisa berkomunikasi satu sama lain. Logikanya bagaimana bisa
seorang pemimpin organisasi menyampaikan tujuan terbentuknya organisasi
tersebut pada anak buahnya jika tidak berkomunikasi ? bagaimana
pemimpin organisasi bisa membagi tugas untuk masing – masing anak
buahnya jika tidak berkomunikasi ? bagaimana orang – orang bermusyawarah
membicarakan organisasinya jika tidak komunikasi ?
Mungkin beberapa pertanyaan diatas sudah cukup jelas membuktikan
seberapa pentingya komuniasi dalam berorganisasi. Setiap orang harus
bisa berkomunikasi dengan baik jika ingin organisasinya meningkat. Ada
banyak orang yang mengelola organisasi, artinya setiap orang mempunyai
tugas masing – masing, disamping itu setiap orang juga mempunyai
informasi terhadap tugasnya masing – masing. Info dari masing – masing
orang itulah yang sangat dibutuhkan dalam organisasi tersebut untuk
disampaikan dengan saling berkomunikasi setiap elemenya, karena setiap
info dari orang yang satu dengan yang lain saling berkesinambungan untuk
memastikan jalannya organisasi tersebut.
Jika kita jabarkan mengenai ‘pentingnya’ atau ‘manfaatnya’ daripada
komunikasi di dalam berorgasasi, maka kita tak perlu panjang lebar
menjabarkannya, yang perlu kita sadari adalah Organisasi tidak akan
jalan tanpa adanya komunikasi, jadi inti daripada organisasi tersebut
selain gagasan ide dibuatnya organisasi adalah komunikasi. Sehingga kita
tak perlu menyakan lagi pentingya dalam berorganisasi jika sudah tau
dampaknya jika tidak ada komunikasi dalam berorganisasi.
Bentuk – Bentuk Komunikasi
• Komunikasi Langsung
Cara penyampaian secara langsung secara lesan, sehingga feedbacknya juga di terima secara langsung.
• Komunikasi tidak Langsung
Cara penyampaiannya tidak langsung dengan si penerima informasi, bisa
saja menggunakan text tertulis atau dengan perantara orang lain dalam
penyampaiannya.
• Komunikasi Horizontal
Cara komunikasi dengan tujuan menjalin hubungan baik dengan sesame
karyawan maupun bertujuan untuk melakukan koordinasi kerjasama.
• Komunikasi Formal
Biasanya penyampaian komunikasi dari atasan ke bawahan, baik tertulis
atau lesan. Jika laporan dari bawahan ke atasan biasa di sebut laporan
• Komunikasi Informal
Komunikasi informal bisa tersebar melalui kabar angin dari mulut ke mulut dan kebenarannya tidak dapat dipastikan.
Agar komunikasi dapat berjalan dengan lancer, dalam penyampaian berita kita harus :
1. Jelas Menggunakan bahasa yang baik dan benar serta tidak beribet.
2. Tepat Tepat sasaran dalam halo rang yang dituju dalam penyampaian informasi
3. Sasarana tujuan penyampaian informasi sebaiknya sama seperti yang di harapkan pengirim informasi
Meskipun terdapat banyak bahasa di Indonesia ini tetepai tetepa Ada
bahasa persatuan agar semua orang dapat berkomunikasi antara satu dengan
lain, hal ini digunakan dalam segala hal yang dapat memperlancar
aktifitas sehari – hari.
SUMBER MATERI: DARI INTERNET
hei kawan, karena kita ini mahasiswa gundar, tolong ya blognya di kasih link UG, seperti
BalasHapus- www.gunadarma.ac.id
- www.studentsite.gunadarma.ac.id dan lain lain
karna link link tersebut mempengaruhui kriteria penilaian mata kuliah soft skill
makasi :)